• Terbaru

    28 Desember 2009

    Menghilangkan Navigation Bar pada Blogspot

    Nah sekarang saatnya mengakali blogspot agar navbar yang diberikan secara otomatis layaknya banner tidak lagi muncul. Trik ini muncul dari keinginan bagaimana agar blog yang saya buat terkesan sebagai website-website lain yang berbayar dan tanpa adanya banner dari si penyedia.


    Pertama kali yang saya coba lakukan adalah dengan menambahkan script di css dengan harapan tidak muncul lagi. Script / kode tersebut tak lain hanyalah variabel visibility dan display maupun height dan width. Untuk variabel visibility saya coba setting hidden, display saya setting none, height dan width saya setting 0. Tapi ternyata tidak berhasil juga. Hal ini saya rasa tak lain hanya disebabkan oleh mesin blogger yang bertugas menambahkan script secara otomatis tersebut juga mensetting ulang style dari navbar. Perjuangan masih belum berakhir.



    Setelah sekian lama, saya sempat teringat dengan salah satu website saya yang sekarang terhenti yang berada di bawah salah satu penyedia layanan hosting gratis dengan menambahkan banner di bagian bawahnya. Penyedia layanan ini menambahkan banner mereka di dalam sebuah tag iframe. Setelah saya pelajari source hasil layoutnya, ternyata mereka menambahkan script / kode di bawah tag penutup body. Iseng punya iseng… saya coba menambahkan tag iframe pembuka saja di atas tag penutup body. Alhasil, banner tidak lagi muncul. Dan sekarang saya juga terapkan trik diatas pada template blogspot.


    Saya juga menerapkan langkah awal dari proses hacking website yaitu mempelajari source code seperti menghilangkan banner di atas. Dan ternyata si blogger menambahkan script/ kode mereka di atas tag penutup body. Karena script/ kode yang akan saya masukkan ini berupa script/ kode javascript maka script/ kode tersebut harus berada setelah script/ kode otomatis ditambahkan. Jadi script/ kode tersebut saya letakkan di bawah tag penutup body. Alhasil, navbar tidak lagi muncul. Jika anda juga tertarik copy paste saja script/ kode javascript di bawah ini:



    <script language='javascript' type='text/javascript'>
    document.getElementById('navbar').style.visibility = 'hidden';
    <script>

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Download

    Software

    Tips & Trik